Resume MSDM #2 : Teori Kebutuhan Abraham Maslow



        Hello blog i'm comeback!🙌 and now aku mau ngejelasin kalian tentang teori hirarki kebutuhan, teori motivasi aderfer, dan teori motivasi prestasi, and last nilai vs norma . nah teori hirarki kebutuhan ini juga terkait dengan MSDM guys. kalo kalian belum tau tentang apa itu MSDM, you can see my older blog yaaa😊. first i just want you to know kalo teori kebutuhan itu penemunya bernama Abraham Maslow. dia bukan saudara Abraham Lincoln ataupun Giorgino Abraham yaaa guys jadi jangan di sama-samain. 
    back to this topic , jadi teori ini di kemukakan oleh abraham karna dia beranggapan bahwa kebutuhan-kebutuhan di tingkat rendah harus terpenuhi atau paling tidak cukup terpenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan-kebutuhan di tingkat lebih tinggi menjadi hal yang memotivasi.
nah teorinya apa aja sih? ini nih :

  1. kebutuhan Fisik,ini menjelaskan tentang kebutuhan kita yang paling dasar pada setiap orang yaitu kebutuhan untuk mempertahankan hidupnya secara fisikKebutuhan-kebutuhan itu seperti kebutuhan makanan, minuman, tempat berteduh, seks, tidur dan oksigen. kalianpun merasa butuh dengan semua hal itu kan guys?👀
  2. kebutuhan akan rasa aman, yang ini menjelaskan kebutuhan-kebutuhan akan rasa aman yang diantaranya adalah rasa aman fisik, stabilitas, ketergantungan, perlindungan dan kebebasan dari daya-daya mengancam seperti perang, teroris, penyakit, takut, cemas, bahaya, kerusuhan dan bencana alam and all the same things.
  3. kebutuhan sosial, the meaning of this is kalian sebagai manusia gak bisa lepas dari manusia lain. because of that kita semua disebut manusia sosial. butuh teman, sahabat, partner kerja, tetangga. walaupun tetangga suka gosip gosipin kita😂 yuk next.
  4. kebutuhan penghargaan, nah ini sih lebih simple lagi. jadi kalo dalam lingkungan kerja, kalian pasti butuh untuk di hargai bukan agar kalian tetap stay diperusahaan itu ? maksudnya maslow ya seperti itu.
  5. kebutuhan aktualisasi diri,Kebutuhan aktualisasi diri ini maksudnya kebutuhan yang tidak melibatkan keseimbangan, tetapi melibatkan keinginan yang terus menerus untuk memenuhi potensi. 
itu dia guys diatas tentang teori kebutuhan dari Abraham Maslow. and next aku mau jelasin kalian tentang teori motivasi dari aderfer. apa aja sih ? ini dia :
  1. kebutuhan keberadaan
  2. kebutuhan hubungan/interaksi
  3. kebutuhan berkembang
dan satu lagi teori yang mau aku jelasin yaitu Teori Motivasi Prestasi yang isi nya :
  1. kebutuhan prestasi
  2. kebutuhan berafiliasi
  3. kebutuhan kekuasaan
nah segitu buat teori-teori nya. and its time for me to give you information about different thing betwen Value(Nilai) and Norma. jadi apa sih bedanya? 
Secara sederhana, nilai merupakan suatu hal yang dianggap baik atau buruk bagi kehidupan.Contohnya, orang menganggap menolong bernilai baik dan mencuri bernilai buruk. so the point is nilai itu  merupakan hal yang dianggap baik atau buruk bagi kehidupan bermasyarakat.
jadi  apa bedanya dengan Norma? apa ? ya bedanya adalah norma merupakan pedoman atau patokan bagi perilaku dan tindakan seseorang atau masyarakat yang bersumber pada Nilai.jadi, Norma adalah wujud konkret dari nilai yang merupakan pedoman, yaitu berisikan suatu keharusan bagi individu atau masyarakat dalam berperilaku.Norma masyarakat merupakan perwujudan dari nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat tersebut. Ada beberapa norma yang berlaku dalam kehidupan suatu masyarakat, yaitu norma kesopanan, norma kesusilaan, norma agama, norma hukum, dan norma kebiasaan.Norma yang ada dalam masyarakat pada dasarnya untuk mengatur, mengendalikan, memberi arah, memberi sanksi dan ganjaran terhadap tingkah laku masyarakat. gitu 👌.

itu dia resume kedua MSDM tentang teori hirarki kebutuhan. see u soon!🙋

tag : Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Surabaya (www.stikom.edu)
#InstitutBisnisDanInformatikaStikomSurabaya

Share:

0 komentar